NANTIKANLAH.COM

Info - Tips - Tutorial

2. Yang bukan prinsip menggambar bentuk dibawah ini adalah?

Yang bukan prinsip menggambar bentuk dibawah ini adalah?

  • A. Komposisi
  • B. Proporsi
  • C. Persepektif
  • D. Keindahan

Kunci Jawaban : D. Keindahan

Penjelasan :

Gambar bentuk adalah jenis gambar yang didasarkan pada bentuk. Bentuk yang paling dasar adalah lingkaran, kotak, segitiga, dan persegi panjang. Bentuk-bentuk ini dapat dikombinasikan untuk menciptakan bentuk yang lebih kompleks. Gambar bentuk dapat dibuat menggunakan berbagai media, termasuk pensil, pena, spidol, dan cat.

Gambar bentuk dapat digunakan untuk membuat berbagai gambar, termasuk potret, lanskap, dan lukisan alam benda. Gambar bentuk juga bisa digunakan untuk membuat gambar abstrak. Gambar bentuk bisa realistis atau abstrak, tergantung pada gaya senimannya.

Apabila membuat gambar bentuk, sang seniman harus terlebih dulu memutuskan bentuk apa yang akan digunakan. Bentuk-bentuk tersebut harus dipilih berdasarkan gambar yang ingin dibuat oleh sang seniman. Setelah bentuk dipilih, seniman kemudian harus memutuskan bagaimana mengaturnya. Susunan bentuk akan menentukan tampilan gambar secara keseluruhan.

Ada beberapa prinsip dasar yang akan membantu Anda ketika menggambar bentuk.

1. Komposisi

Dalam dunia seni, istilah “komposisi” mengacu pada pengorganisasian berbagai elemen dalam sebuah karya seni. Dengan kata lain, ini adalah cara seniman mengatur berbagai bagian yang berbeda dari lukisan, gambar, patung, dll. Dalam dunia menggambar, istilah “gambar bentuk” mengacu pada jenis komposisi tertentu di mana seniman mengatur bagian-bagian yang berbeda dari gambar mereka sesuai dengan bentuk yang mereka lihat dalam subjek.

Ada beberapa prinsip berbeda yang dapat diikuti dalam hal gambar bentuk. Yang pertama adalah mencari bentuk keseluruhan subjek, dan kemudian memecahnya menjadi bentuk yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Yang kedua adalah menggunakan bentuk dalam jumlah terbatas untuk menciptakan rasa kesatuan dalam gambar. Dan yang ketiga adalah menciptakan keseimbangan di antara berbagai bentuk yang berbeda dalam gambar.

Apabila menyangkut komposisi, tidak ada cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Namun demikian, dengan mengikuti prinsip-prinsip gambar bentuk, Anda bisa menciptakan gambar yang menarik secara visual dan mudah dipahami.

2. Proporsi

Ada tiga cara berbeda untuk mencapai proporsi dalam gambar Anda: melalui penggunaan grid, dengan menggunakan Aturan Emas, atau dengan menggunakan Aturan Sepertiga.

Metode grid adalah cara paling dasar untuk mencapai proporsi. Anda cukup menggambar kisi-kisi di atas subjek Anda, lalu mereproduksi kisi-kisi itu di atas kertas Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk menjaga proporsi Anda, dan sangat membantu ketika menggambar subjek yang kompleks.

Golden Rule sedikit lebih rumit, tetapi bisa sangat efektif. Anda membagi subjek Anda menjadi tiga bagian, dan kemudian menggambar bagian-bagian itu secara proporsional satu sama lain di atas kertas Anda. Hal ini membantu menciptakan gambar yang lebih harmonis, karena bagian-bagian tersebut akan seimbang satu sama lain.

Aturan Sepertiga mirip dengan Aturan Emas, tetapi alih-alih membagi materi subjek Anda menjadi tiga bagian, Anda membaginya menjadi sembilan. Hal ini bisa membantu Anda menciptakan gambar yang lebih menarik, karena Anda bisa menempatkan subjek Anda di luar pusat dan tetap menghasilkan gambar yang menyenangkan.

Baca Juga : Berikut ini yang langsung terbentuk setelah proses fertilisasi adalah?

3. Perspektif

Perspektif adalah prinsip menggambar yang memungkinkan seorang seniman untuk menciptakan ilusi kedalaman pada permukaan yang datar. Dengan menggunakan perspektif, seorang seniman dapat membuat objek tampak lebih besar atau lebih kecil dari yang sebenarnya, dan dapat membuat pemandangan tampak lebih dekat atau lebih jauh dari yang sebenarnya.

Perspektif dapat digunakan untuk menciptakan ilusi kedalaman dalam gambar dengan membuat objek tampak surut ke kejauhan. Hal ini dilakukan dengan menggambar objek yang lebih jauh dari penonton lebih kecil daripada objek yang lebih dekat dengan penonton.

Perspektif juga dapat digunakan untuk membuat objek tampak lebih besar atau lebih kecil dari yang sebenarnya. Hal ini dilakukan dengan menggambar objek yang lebih dekat dengan pemirsa lebih besar daripada objek yang lebih jauh dari pemirsa.

Dengan menggunakan perspektif, seorang seniman dapat menciptakan ilusi kedalaman dalam gambar, dan dapat membuat objek tampak lebih besar atau lebih kecil dari yang sebenarnya.

Dengan memahami prinsip-prinsip ini, Anda akan dapat menggambar bentuk apa pun yang dapat Anda bayangkan.

Terima kasih sudah datang di website Nantikanlah.Com

 

Leave a Comment