NANTIKANLAH.COM

Info - Tips - Tutorial

8. Berikut ini yang langsung terbentuk setelah proses fertilisasi adalah?

8. Berikut ini yang langsung terbentuk setelah proses fertilisasi adalah :

  • A. Sel Telur.
  • B. Sel Sperma
  • C. Zigot.
  • D. Embrio

Jawaban :

D. Zigot

Penjelasan :

Proses fertilisasi adalah proses dimana sperma membuahi ovum (sel telur) untuk membentuk zigot. Penyatuan sperma dan sel telur yang berhasil dikenal sebagai fertilisasi. Proses pembuahan melibatkan serangkaian langkah yang dimulai dengan pengikatan sperma ke permukaan ovum. Hal ini diikuti oleh penetrasi sperma melalui membran ovum dan pelepasan materi genetik sperma ke dalam ovum. Langkah terakhir dalam pembuahan adalah peleburan inti sperma dan inti ovum, yang menghasilkan pembentukan sel tunggal yang disebut zigot.

Sel Telur Adalah :

Sel telur adalah gamet betina pada banyak spesies, termasuk manusia. Sel telur biasanya berbentuk bulat dan memiliki kulit luar yang keras. Sel telur mengandung semua informasi genetik yang diperlukan untuk berkembang menjadi individu baru. Ketika dibuahi oleh sel sperma, sel telur membentuk zigot, yang kemudian berkembang menjadi embrio.

Sel Sperma Adalah :

Sel sperma adalah sel reproduksi jantan pada hewan dan manusia. Pada mamalia, sel sperma diproduksi di testis. Sel sperma berjalan melalui saluran reproduksi dan membuahi sel telur dalam tubuh wanita.

Sel sperma memanjang dan memiliki kepala yang mengandung materi genetik. Kepala melekat pada ekor panjang yang membantu sel sperma berenang. Sel sperma dapat berenang karena mengandung flagel, yang merupakan struktur seperti cambuk.

Perjalanan sel sperma tidaklah mudah. Sel sperma harus melakukan perjalanan melalui epididimis, sebuah tabung melingkar yang menyimpan dan mengangkut sel sperma. Dari epididimis, sel sperma berjalan melalui vas deferens, tabung berotot yang mendorong sel ke depan.

Sel-sel sperma kemudian berjalan melalui saluran ejakulasi dan bercampur dengan cairan mani. Cairan mani memberikan nutrisi dan perlindungan bagi sel-sel sperma.

Ketika sel-sel sperma dilepaskan dari tubuh selama ejakulasi, mereka berjalan melalui saluran reproduksi wanita dan memasuki tuba fallopi. Tuba fallopi adalah tempat terjadinya pembuahan.

Jika sel sperma membuahi sel telur, sel telur akan bergerak ke rahim dan tertanam di dalam lapisan. Ini adalah awal dari kehamilan.

Embrio adalah

Embrio adalah tahap awal perkembangan organisme multiseluler. Secara umum, pada hewan, embrio berkembang dari sel tunggal, yang disebut zigot, yang dihasilkan oleh pembuahan sel telur. Zigot membelah berulang kali untuk menghasilkan sel yang semakin besar, dan akhirnya, sel-sel tersebut tersusun menjadi satu atau lebih struktur yang disebut blastokista. Blastokista berimplantasi di dalam rahim, di mana blastokista mengalami perkembangan lebih lanjut.

(Soal No. 8 PG Bab Sistem Reproduksi pada Manusia BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 9, Kemendikbud)

Terima kasih sudah berkunjung ke website kami. Apabila artikel ini dirasa bermanfaat silahkan dibagikan kepada teman atau keluarga anda. Nantikanlah.Com adalah sebuah website yang berisi informasi dan tips seputar gaya hidup dan perkembangan trend terbaru.

Leave a Comment