NANTIKANLAH.COM

Info - Tips - Tutorial

Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah

9. Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah

Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah :

  • A. Hati
  • B. Kulit
  • C. Ginjal
  • D. Usus besar

Jawaban :

D. Usus besar

Penjelasan :

Alat ekskresi adalah organ-organ yang digunakan oleh tubuh untuk membuang sisa-sisa yang tidak diperlukan atau tidak diinginkan. Ini termasuk limbah yang terbuat dari metabolisme dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Alat ekskresi ini adalah sistem yang sangat penting untuk memastikan tubuh kita berfungsi dengan baik dan kesehatan kita tetap dipertahankan.

Fungsi lain dari alat ekskresi adalah untuk membuang produk sampingan dari metabolisme. Limbah-limbah ini bisa berupa asam urat, asam laktat, dan urea. Ketiga produk ini dibuang dalam bentuk cairan yang disebut urin. Urine dikumpulkan dan dibuang melalui kandung kemih.

Alat Ekskresi Hati.

Hatí alat ekskresi adalah salah satu bagian penting dari tubuh manusia. Hatí adalah organ yang berfungsi sebagai penyaring bagi beberapa zat beracun dan produk sampingan dari metabolisme. Hatí juga membantu mengatur kadar glukosa, kolesterol, dan asam empedu di dalam tubuh. Ini juga membantu untuk mengatur berbagai proses kimia dalam tubuh.

Karena itu, fungsi hatí sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tanpa hatí yang sehat, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak berfungsi dengan baik, ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena hatí adalah salah satu organ utama yang membantu menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan.

Dalam proses ekskresi, hatí membantu untuk menghilangkan bahan beracun yang dihasilkan oleh proses metabolisme. Ini juga membantu untuk membuang bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman. Dengan bantuan enzim hati, bahan beracun dibagi menjadi bentuk yang lebih mudah dibuang oleh ginjal.

Selain itu, hati juga berperan dalam memproduksi asam empedu. Asam empedu adalah cairan yang membantu mencerna lemak dan memecahnya menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Tanpa asam empedu, tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik.

Oleh karena itu, hati adalah organ yang sangat penting untuk tubuh. Ini membantu untuk membuang bahan beracun dan memproduksi asam empedu. Ini juga membantu mengatur berbagai proses kimia dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga hati agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Alat Ekskresi Kulit.

Kulit adalah salah satu alat ekskresi yang penting di tubuh manusia. Ini adalah sebuah membran yang melindungi tubuh dari lingkungan luar. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena memungkinkan tubuh untuk mengeluarkan zat buangan seperti keringat, sebum, dan kotoran. Ini juga membantu dalam mengatur suhu tubuh. Ketika tubuh menjadi terlalu panas, kulit akan melepaskan keringat untuk menurunkan suhu tubuh secara alami.

Selain menjadi alat ekskresi, kulit juga menawarkan perlindungan yang penting bagi tubuh. Kulit melindungi tubuh dari infeksi, sinar ultraviolet, dan bakteri berbahaya. Ini juga menyediakan lapisan pelindung yang menghalangi cairan dan zat lain dari masuk ke dalam tubuh.

Kulit juga memiliki beberapa jenis reseptor, yang membantu memproses informasi dari lingkungan luar. Resepter ini memungkinkan tubuh untuk merasakan sentuhan, tekanan, panas, dan dingin. Ini juga memungkinkan tubuh untuk merasakan rasa sakit dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, kulit juga memiliki beberapa fungsi estetika. Ini dapat mempengaruhi cara orang lain memandang Anda. Kulit yang sehat dan bersinar membuat Anda terlihat lebih muda dan menarik.

Kulit adalah salah satu alat ekskresi yang paling penting di tubuh manusia. Ini berfungsi sebagai alat ekskresi dengan melepaskan zat buangan, mengatur suhu tubuh, dan memberikan perlindungan dari infeksi. Ini juga memiliki beberapa jenis reseptor dan fungsi estetika. Dengan demikian, kulit adalah bagian penting dari tubuh manusia yang harus dijaga agar tetap sehat dan bersinar.

Alat Ekskresi Ginjal.

Ginjal adalah alat ekskresi yang penting bagi tubuh manusia. Alat ekskresi berfungsi untuk menghilangkan sisa metabolisme dan produk limbah dari tubuh. Ginjal terletak di punggung di sisi kanan dan kiri dari tulang belakang. Mereka terdiri dari dua buah yang disebut ginjal kanan dan ginjal kiri. Mereka memiliki bentuk bulat-lentik, berwarna coklat kemerahan dan berukuran sekitar 5-7 cm.

Ginjal memiliki beberapa fungsi penting untuk tubuh. Ini termasuk pembuangan sisa metabolisme, seperti asam urat, urea, dan kreatinin. Mereka juga mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, mengatur tekanan darah, dan menghasilkan hormon seperti eritropoietin, renin, dan vitamin D.

Ginjal juga berfungsi sebagai filtrasi glomerulus. Ini adalah proses dimana cairan dari pembuluh darah difilter dan sisa metabolisme dikeluarkan. Ini adalah proses yang penting yang memungkinkan tubuh untuk menghilangkan sisa metabolisme yang beracun.

Ginjal juga memiliki fungsi endokrin. Ini termasuk menghasilkan hormon eritropoietin yang membantu dalam produksi sel darah merah. Mereka juga menghasilkan renin, yang merangsang produksi aldosteron. Aldosteron mengontrol jumlah natrium dan kalium yang ada dalam darah.

Ginjal juga memiliki fungsi imunologis. Ini berfungsi untuk menghancurkan bakteri dan virus yang menembus dinding pembuluh darah. Ini juga menghasilkan antibodi yang membantu melawan infeksi.

Dengan demikian, ginjal adalah alat ekskresi yang penting untuk tubuh manusia. Ini memiliki banyak fungsi, termasuk pembuangan sisa metabolisme, mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, menghasilkan hormon, dan melawan infeksi.

Alat Ekskresi Paru-paru.

Paru-paru adalah salah satu alat eksresi yang penting. Ini merupakan alat yang membantu tubuh manusia menghasilkan udara yang bersih dan sehat. Paru-paru memiliki struktur yang kompleks dan mempunyai beberapa fungsi penting. Fungsi utama paru-paru adalah menyediakan oksigen untuk tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida.

Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan dan kiri. Paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus dan paru-paru kiri terdiri dari dua lobus. Setiap lobus terdiri dari beberapa ruang yang disebut bronkus. Bronkus membantu menyalurkan udara masuk ke paru-paru dan membantu mengeluarkan udara dari paru-paru.

Selain menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, paru-paru juga membantu menjaga pH darah agar tetap normal. Ini meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paru-paru juga membantu mengendalikan tekanan darah dan metabolisme tubuh.

Paru-paru juga membantu membersihkan darah dari zat-zat berbahaya. Ini meningkatkan kinerja sistem peredaran darah dan menjaga agar darah tetap bersih dan sehat. Paru-paru juga bertanggung jawab untuk mengendalikan jumlah cairan di dalam tubuh dan menjaga agar tubuh tetap terhydrasi.

Paru-paru memainkan peran penting dalam tubuh manusia. Ini membantu menjaga kesehatan tubuh dengan menyediakan oksigen, mengeluarkan karbon dioksida, menjaga pH darah, mengendalikan tekanan darah, dan membersihkan darah. Paru-paru juga membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Ini adalah alat eksresi yang penting dan harus dipelihara agar tetap sehat.

Baca Juga : Perbedaan berkas pengangkut pada batang monokotil dengan batang dikotil adalah

Kesimpulan :

alat ekskresi adalah sistem organ yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan membuang produk sisa yang dihasilkan dari metabolisme. Alat ekskresi utama yang paling umum adalah ginjal, hati, dan paru-paru. Beberapa organ lain juga berperan dalam alat ekskresi dengan mengeluarkan produk sisa dalam bentuk yang berbeda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *